DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 2 LANDASAN ULIN UTARA
PENGARANG:SUKMA ANJARWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-09


ABSTRAK

Anjarwati, Sukma. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKN Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Make a Match  Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Landasan Ulin Utara. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, Make a Match

Permasalahan siswa dalam pembelajaran masih belum berjalan maksimal karena siswa belum mampu berpikir kritis, tidak semua siswa aktif dalam pembelajaran, siswa merasa bosan dan kurang bersemangat, dan siswa kurang mampu memahami dan menerapkan materi PPKN dengan baik. Hal ini dikarenakan siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dan pembelajaran hanya berpusat kepada guru sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Dengan kenyataan tersebut, salah satu upaya yang dapat digunakan unutk meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Leraning, Numbered Head Together, dan Make a Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan akivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Landasan Ulin Utara yang berjumlah 14 orang siswa. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 67,86% (baik) dan meningkat menjadi 96,43% (sangat baik) pada pertemuan IV. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I mencapai 35,72% (kurang aktif) dan meningkat menjadi 92,85% (sangat aktif) pada pertemuan IV. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 29,57%, dan meningkat menjadi 92,86% pada pertemuan IV.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Make a Matchdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Muatan PPKN ema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV SDN 2 Landasan Ulin Utara. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKN Tema Indahnya Keragaman di Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI