DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perilaku Konsumtif Penggunaan Skincare Wajah Di Kalangan Mahasiswi FKIP ULM Banjarmasin
PENGARANG:NOVI RODHIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-09


 

ABSTRAK

Novi Rodhiya, 2022. Perilaku Konsumtif PenggunaanSkincare Wajah di Kalangan Mahasiswi FKIP ULM Banjarmasin. Skripsi Program Studi PendidikanSosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu PengetahuanSosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Suratno (II) Reski P

Kata Kunci: Mahasiswi, Skincare, Perilaku Konsumtif

Menjaga penampilan serta kecantikan terutama bagian wajah merupakan hal penting bagi para wanitakhususnya para mahasiswi yang tergolongkan remaja. Terlebih dengan adanya statement di masyarakat bahwa seorang wanita harus selalu tampil cantik danmenarik, maka para wanita berupaya untuk mewujudkan hal tersebut. Adapun standar kecantikan persepsi masyarakat zaman sekarang kebanyakan mengatakan wanita yang mempunyai kulit mulus,bersih, dan bercahaya. Maka dari itu terbentuklahperilaku konsumtif penggunaan skincare wajah bagikalangan Mahasiswi FKIP ULM Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor perilaku konsumtif penggunaan skincare wajah di kalangan mahasiswi dan           Dampak perilaku konsumtif penggunaan skincare wajah di kalangan mahasiswi FKIP ULM Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahkualitatif. Sumber data yang digunakan dalampenelitian ini dipilih secara purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu redukasi data, penyajiandata, penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan datayang dilakukan yakni: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakanreferensi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Faktoryang mempengaruhi perilaku konsumtif penggunaanskincare wajah di kalangan mahasiswi FKIP ULMBanjarmasin terbagi dua yakni (a) Faktor externalyaitu, kelas sosial, kelompok referensi. (b) Faktorinternal yaitu Motivasi, dan gaya hidup. (2) Dampak perilaku konsumtif penggunaan skincare wajah di kalangan mahasiswi FKIP ULM Banjarmasin yakni : (a) Dampak positif yaitu meningkatkan rasa percaya diri, merawat kulit, menunjang untuk mencaripekerjaan. (b) Dampak negatif yaitu boros, ketergantungan, mudah terbujuk rayuan iklan dimedia sosial, selalu merasa tidak puas.

Adapun saran pada penelitian ini untuk mahasiswi konsumtif penggunaan skincare wajah di FKIP ULM Banjarmasin Penggunaan skincare juga sebaiknyamemperhatikan kondisi pribadi seperti menyesuaikankebutuhan kulit serta keadaan ekonomi sehingga tidak membebani diri sendiri nantinya. . Akan lebih baikjika selain menjaga penampilan, mahasiswi jugamemperhatikan pendidikannya Dan saran untukpeneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitianlebih mendalam terhadap perilaku konsumtifpenggunaan skincare wajah pada mahasiswi dapatmelihat dari aspek-aspek terjadinya perilaku konsumtifmaupun karakteristik dari perilaku konsumtif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI