DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANA METODE TIM DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI IRNA RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
PENGARANG:Heriansyah
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-09-13


Latar Belakang: Indikator mutu pelayanan keperawatan dapat diukur melalui kinerja perawat. Salah satu bentuk kinerja perawat yaitu pendokumentasian asuhan keperawatan terhadap pasien. Bagus atau tidaknya dokumentasi keperawatan tidak terlepas dari pelaksanaan metode asuhan keperawatan khususnya metode tim. Namun penelitian yang berfokus pada tanggung jawab metode tim belum banyak digali.
Tujuan: Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tanggung jawab metode tim dengan kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan di IRNA RSUD Ratu Zalecha Martapura
Metode: Metode penelitian yaitu korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sample yaitu dengan menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sample 131 perawat pelaksana dari 9 ruangan di IRNA RSUD Ratu Zalecha Martapura.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan dari 131 perawat, 104 (74,9%) perawat sudah menerapkan tanggung jawab dalam metode tim, dan 111 (84,7%) perawat mempunyai kinerja yang baik dalam melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan. Hasil uji satatistik chi – square didapatkan nilai (P Value = 0,0001 < 0,05) yang berarti terdapat hubungan antara tanggung jawab metode tim dengan kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan di IRNA RSUD Ratu Zalecha Martapura. Tanggung jawab metode tim yang diterapkan dapat mempengaruhi kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan.
Diskusi: Tanggung jawab metode tim yang diterapkan dapat mempengaruhi kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan.
Kata Kunci: Dokumentasi Asuhan Keperawatan, Metode Tim, Tanggung Jawab.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI