DIGITAL LIBRARY



JUDUL:. Efektivitas Metode Analisis Glass Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Kesulitan Membaca di TK Cipta Karya
PENGARANG:Indah Putri Pratiwi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-10


Salah satu permasalahan di TK Cipta Karya, diketahui ada beberapa anak yang mengalami hambatan dalam membaca, belum bisa mengeja atau menggabungkan bunyi huruf, suku kata, maupun kata sederhana. Belum ada upaya yang dilakukan guru disekolah terkait penyelesaian permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran mengenai peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode analisis glass bagi siswa kesulitan membaca di TK Cipta Karya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan mengadaptasi desain penelitian model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian yaitu 4 siswa kesulitan membaca di kelas TK A yang berumur 7-8 tahun. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes untuk mengukur tingkat kemampuan membaca subjek, metode observasi untuk mengamati aktivitas siswa, dan metode dokumentasi untuk menghimpun data pelengkap berupa foto. Analisis data deskripstif kuantitatif yang dilanjutkan dengan teknik komparatif, yaitu membandingkan hasil tes pra tindakan (pretest) dan hasil tes pasca tindakan posttest.

Hasil siklus I yang dicapai subjek belum mampu memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Subjek RM, subjek BL, subjek GN, dan subjek RY belum mampu mencapai nilai KKM. Tindakan pada siklus II diberikan dengan memperhatikan hasil refleksi siklus I. Modifikasi yang diterapkan pada siklus II yaitu menggunakan media kartu kata bergambar serta lebih mengintensifkan kegiatan diskusi dan tanya jawab. Subjek BL dan subjek RY diberikan perhatian dan bantuan yang lebih banyak. Setelah pelaksanaan siklus II, seluruh subjek telah mampu memenuhi KKM yang ditetapkan, yaitu sebesar 65. Subjek RM memperoleh nilai 90 termasuk kriteria sangat baik. Subjek BL memperoleh nilai 78 termasuk kriteria baik, sedangkan subjek GN memperoleh 80 termasuk kriteria sangat baik, dan subjek RY memperoleh nilai 78 termasuk kriteria baik. Peningkatan nilai tes didukung oleh kualitas aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran yang juga semakin meningkat dari setiap pertemuan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan dapat ditingkatkan menggunakan metode analisis glass sangat efektif bagi siswa kesulitan membaca di TK Cipta Karya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI