DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MENGGUNAKAN BAHAN DASAR LIMBAH BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS IX DI SLBN BALANGAN
PENGARANG:SYLVIA ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-10


Anggraini. Sylvia. 2017. Pembelajaran Keterampilan Vokasional Menggunakan Bahan Dasar Limbah Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas IX Di SLBN Balangan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dewi Ratih Rapisa dan Pembimbing II: Jiyanta.

Kata Kunci: Keterampilan Vokasional, Bahan Dasar Limbah, Anak Tunagrahita Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kecerdasan, mereka mengalami berbagai macam hambatan. Untuk mengoptimalkan kemampuan yang masih dimiliki oleh anak tungrahita ringan, maka pendidikan keterampilan vokasional (life skiill) sangat cocok diajarkan pada anak tunagrahita ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) perencanaan pembelajaran 2) pelaksanaan pembelajaran 3) evaluasi pembelajaran serta 4) tindak lanjut pembelajaran keterampilan vokasional pada peserta didik

tunagrahita ringan di SLBN Balangan.

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan

kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru keterampilan dan kepala sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan pembelajaran Keterampilan Vokasional dibuat dalam bentuk silabus, RPP, dan media. 2) pelaksanaan pembelajaraan terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. sesuai dengan kararekteristik dan hambatan peserta didik. 3) Penilaian guru dilakukan seperti penilaian pembelajaran terhadap peserta didik pada umumnya, yaitu dengan tes tertulis, praktek, observasi, dan penugasan. 4) tindak lanjut dari pembelajaran keterampilan vokasional adalah untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sehingga keterampilan yang dibuat bisa dipasarkan dan mengikuti ajang perlombaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI