DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN DI IRNA KELAS III RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:Aswadi Syukur
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-09-13


Latar Belakang: Perawat dituntut dapat mendokumentasikan asuhan keperawatan dengan benar yang sesuai dengan standar. Banyaknya dokumentasi yang harus ditulis dan dilengkapi oleh seorang perawat akan menyebabkan meningkatnya beban kerja perawat. Beban kerja yang ditanggung oleh seorang perawat yang melebihi dari kapasitas dirinya, maka tentunya akan berdampak buruk bagi produktifitas kerja dan mutu pelayanan yang diberikan perawat.
Tujuan: Mengetahui hubungan beban kerja dengan dokumentasi asuhan keperawatan di IRNA kelas III RSUD Ulin Banjarmasin.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah sampel 119 responden. Analisa data menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95% (a=0,05).
Hasil: Beban kerja dalam kategori sedang 68 (57,1%) dan Dokumentasi Asuhan Keperawatan dalam kategori baik 68 (57,1%). Ada hubungan beban kerja dengan dokumentasi asuhan keperawatan di IRNA kelas III RSUD Ulin Banjarmasin (p value=0,001<0,05).
Diskusi: Beban kerja dapat memengaruhi dokumentasi asuhan keperawatan. Semakin sesuai beban kerja yang dirasakan perawat, maka semakin baik dokumentasi asuhan keperawatan yang dilakukan.
Kata Kunci: Beban kerja, Dokumentasi Asuhan Keperawatan, Perawat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI