DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TPS (THINK PAIR SHARE), PICTURE AND PICTURE, DAN MEDIA VIDEO
PENGARANG:Siti Rahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-11


Rahmah, Siti. 2022.Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ips Kelas V dengan Menggunakan Model TPS (Think Pair Share), Picture And Picture, dan Media Video. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci      : Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model TPS, Think Pair Share, Picture and Picture, dan Media Video.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Beringin yang disebabkan oleh pembelajaran  yang bersifat satu arah, pembelajaran kurang menarik, dan pembelajaran yang abstrak,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan untuk menganalisis peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa pembelajaran IPS Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” menggunakan model TPS (Think Pair Share), Picture and Picture, danMedia Video pada siswa kelas V SDN Beringin.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data deskriptif dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Beringin dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Data dianalisis secara deskriptif dan cross table berdasarkan pada hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil angket motivasi belajar siswa, dan hasil tes belajar siswa. Pertama, data dianalisis dengan teknikdeskriptif serta digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai rencana dari skor 29 kriteria “baik”, meningkat menjadi skor 36 kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 26%kriteria “sebagian kecil” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 84% kriteria “hampir seluruhnya”. Dan motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 37% kriteria “sebagian kecil” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 84% kriteria “hampir seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 37% kriteria “sebagian kecil tuntas” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% “seluruhnya tuntas”.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model TPS (Think Pair Share), Picture and Picture, dan Media Video dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI