DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK ABON IKAN SEPAT SIAM (Trichogaster pectoralis) YANG DIPROSES DENGAN METODE PENGGORENGAN BERBEDA
PENGARANG:APRILIANI FAUZIAH
PENERBIT:FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN
TANGGAL:2018-09-13


Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat, mudah didapat, dan harganya murah. Salah satu komoditas perikanan yang memiliki potensial menjadi ikan ekonomis tinggi dan digemari oleh konsumen rumah tangga adalah ikan sepat siam. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan penting suatu komoditas potensial budidaya adalah tingginya nilai ekonomis dan jumlah produksi yang tinggi. Jumlah produksi ikan sepat siam relatif lebih tinggi dibandingkan ikan-ikan lokal lainnya.
Ikan sepat siam merupakan ikan konsumsi yang mengandung sumber protein tinggi dan asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA. Selain dijual dalam keadaan segar, ikan sepat siam dapat diawetkan dan dijadikan produk olahan. Namun, pemanfaatannya sebagai pangan olahan masih kurang ragamnya, oleh sebab itu diperlukan usaha dalam rangka penganekaragaman produk pangan yang berbasis ikan sepat siam. Salah satunya adalah abon ikan sepat siam.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode penggorengan yang berbeda terhadap karakteristik abon ikan sepat siam serta mendapatkan metode penggorengan yang efektif.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan rancangan penelitian Rancangan Acak Lengkap dengan membandingkan 2 perlakuan yaitu perlakuan A (metode frying) dan perlakuan B (metode pan frying). Parameter pengujian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji organoleptik dan uji kimia (kadar lemak, air dan protein) abon ikan sepat siam
Berdasarkan hasil pengujian, perlakuan A memiliki nilai uji organoleptik kenampakan 7,5, aroma 7,9, rasa 7,3, dan tekstur 7,2, serta hasil pengujian kimia kadar lemak 14,67%, kadar protein 21,76% dan kadar air 12,54%. Perlakuan B memiliki nilai uji organoleptik kenampakan 6,6, aroma 7,7, rasa 7, dan tekstur 7,5, serta hasil pengujian kimia kadar lemak 32,91%, kadar protein 28,86% dan kadar air 3,7%. Perlakuan yang terbaik berdasarkan metode penggorengan abon yang efektif adalah perlakuan A yaitu abon yang diproses dengan frying (goreng).
Kata Kunci: Penggorengan, Trichogaster pectoralis, Abon Ikan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI