DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENYIMAK PERKATAAN ORANG LAIN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN KOMBINASI METODE BERCERITA DAN BONEKA TANGAN DI KELOMPOK A PAUD HOSIANA BANJARMASIN
PENGARANG:Della Anggelika
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-11


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian

 

perkembangan dalam aspek bahasa anak di kelompok A PAUD Hosiana Banjarmasin menggunakan model Direct Instruction dan kombinasi Metode Bercerita dan Boneka Tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang 3 siklus. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Setting penelitian dilakukan kelompok A PAUD Hosiana Banjarmasin yang berjumlah 7 orang anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan mengalami peningkatan hingga mendapatkan skor 20 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak selalu mengalami peningkatan disetiap pertemuannya hingga mencapai kategori sangat aktif dengan persentase 93%. Hasil pencapaian perkembangan sosial emosional anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan memperoleh *** (Berkembang Sesuai Harapan) dengan presentasi 86%. Saran yang bisa diberikan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kemampuan aspek bahasanya dalam menyimak perkataan orang lain. Kata Kunci: Bahasa, menyimak perkataan orang lain, Model Direct Instruction, dan

 

Kombinasi Metode Bercerita dan Boneka Tangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI