DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES MATERI REPRODUKSI PADA HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS
PENGARANG:ROZANI AZHAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-11


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES MATERI REPRODUKSI PADA HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS(Oleh: Rozani Azhar; Pembimbing: Arif Sholahuddin; Mella Mutika Sari)

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis web google sites pada materi reproduksi pada hewan untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi; angket respon peserta didik; dan instrumen tes pengetahuan reproduksi pada hewan. Subjek penelitian adalah enam orang peserta didik kelas IX C pada uji coba kelompok kecil dan 24 orang peserta didik kelas IX D pada uji coba kelompok besar dilaksanakan di MTs Ibtidaussalam Kabupaten Barito Kuala. Hasil penelitian menunjukan  bahwa media pembelajaran yang dikembangkan kategori (1) sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan materi dengan rerata skor validitas sebesar 0,88 (2) sangat praktis berdasarkan penilaian setelah uji coba kepada peserta didik dengan skor kepraktisan 90,89% dan (3) efektif berdasarkan hasil belajar hasil belajar materi reproduksi pada hewan oleh peserta didik dengan skor N-gain sebesar 0,76. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulan bahwa media pembelajaran berbasis web google sites materi reproduksi pada hewan sangat layak digunakaan oleh peserta didik untuk meningkatkan HOTS.

Kata kunci: HOTS, media pembelajaran, reproduksi pada hewan, web google sites.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI