DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1 - 10 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INTRUCTION, MAKE A MATCH DAN MEDIA FLAS CARD KELOMPOK A TK AL IKHLAS SUNGAI LULUT BANJARMASIN
PENGARANG:NUR SIVA ABDIRA UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-11


UtamiNur Siva Abdira2021 Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Kempuan Kognitif Dalam Mengenal Angka 1-10 Menggunakan Kombinasi Model Explicit Intruction, Make A Match Dan Media Flas Card Kelompok Tk- Al Ikhlas Sungai Lulut BanjarmasinPembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D

Kata Kunci :   Model Explicit Intruction, Make A Match Dan Media Flas Card

Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran rendahnya kemampuan kognitif anak disebabkan karena kurangnya minat belajar anak, pembelajaran hanya satu arah, pembelajaran kurang menarik,   dan kurang keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, serta perkembangan kognitif anak menggunakan media flash card menggunakan model Explicit Instruction, dan Make a match

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Al-Ikhlas Sungai Lulut Banjarmasin yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.  Indikator keberhasilan dalam penelitian  ini adalah jika aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Sangat Aktif” dan hasil perkembangan motorik halus anak mencapai kriteria“Berkembang Sangat Baik” (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Explicit Instruction, Make a Match dan Flash Card aktivitas guru terlaksana pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Cukup Baik” dan  pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria “Sebagian Kecil Aktif” dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria “Seluruhnya Aktif”, dan begitu pula pada hasil perkembangan Kognitif anak pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria “Hampir Seluruhnya Belum Berhasil Berkembang” dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria “Seluruhnya Berkembang”.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Explicit Instruction, Make a Match dan Flash Card dapat meningkatkan aktivitas belajar, kreativitas dan Kognitif anak di kelompok A TK Al-Ikhlas Sungai Lulut Banjarmasin. Saran bagi kepala sekolah, guru serta peneliti lain adalah sebagai alternatif/masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI