DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1 - 10 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INTRUCTION, MAKE A MATCH DAN MEDIA FLAS CARD KELOMPOK A TK AL IKHLAS SUNGAI LULUT BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | NUR SIVA ABDIRA UTAMI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-11-11 |
Utami, Nur Siva Abdira. 2021 : Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Kempuan Kognitif Dalam Mengenal Angka 1-10 Menggunakan Kombinasi Model Explicit Intruction, Make A Match Dan Media Flas Card Kelompok Tk- Al Ikhlas Sungai Lulut Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D
Kata Kunci : Model Explicit Intruction, Make A Match Dan Media Flas Card
Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran rendahnya kemampuan kognitif anak disebabkan karena kurangnya minat belajar anak, pembelajaran hanya satu arah, pembelajaran kurang menarik, dan kurang keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, serta perkembangan kognitif anak menggunakan media flash card menggunakan model Explicit Instruction, dan Make a match.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Al-Ikhlas Sungai Lulut Banjarmasin yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Sangat Aktif” dan hasil perkembangan motorik halus anak mencapai kriteria“Berkembang Sangat Baik” (BSB).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Explicit Instruction, Make a Match dan Flash Card aktivitas guru terlaksana pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Cukup Baik” dan pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria “Sebagian Kecil Aktif” dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria “Seluruhnya Aktif”, dan begitu pula pada hasil perkembangan Kognitif anak pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria “Hampir Seluruhnya Belum Berhasil Berkembang” dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria “Seluruhnya Berkembang”.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Explicit Instruction, Make a Match dan Flash Card dapat meningkatkan aktivitas belajar, kreativitas dan Kognitif anak di kelompok A TK Al-Ikhlas Sungai Lulut Banjarmasin. Saran bagi kepala sekolah, guru serta peneliti lain adalah sebagai alternatif/masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI