DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Masyarakat Dalam Menjaga Kelestarian Sungai Martapura di Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:Mastiah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-13


Mastiah, 2022. Aktivitas Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Sungai Martapura di Kelurahan Banua sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Mahmudah Hasanah, M.Pd dan Pembimbing II Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Permasalahan terkait dengan pencemaran sungai yang disebabkan oleh sampah rumah tangga dan limbah kotoran manusia, sehingga perlu adanya tindakan untuk menangani hal tersebut. Berkaitan dengan permasalahan tersebut perlu adanya kerjasama antara pihak kelurahan dengan masyarakat kelurahan Banua Anyar sehingga permasalahan dapat segera teratasi. Kesulitan dalam memahami pembelajaran yang dialami oleh peserta didik sehingga dalam hal ini guru perlu merancang pembelajaran sedemikian rupa satu diantaranya yaitu menggunakan sumber belajar yang berada dilingkungan sekitar peserta didik sehingga mereka akan mudah memahami pembelajaran. Guru dapat menggunakan sumber belajar yang relevan sesuai dengan materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini: 1) Menjelaskan gambaran umum Kelurahan Banua Anyar. 2) Menjelaskan aktivitas masyarakat dalam menjaga kelestarian Sungai Martapura di Kelurahan Banua Anyar. 3) Menjelaskan keterkaitan aktivitas masyarakat dalam menjaga kelestarian Sungai Martapura di Kelurahan Banua Anyar dengan sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi ke tempat penelitian dengan melakukan wawancara kepada Lurah, Ketua RT, akademisi, satgas kebersihan kelurahan banua anyar, serta masyarakat sekitar. Dokumentasi dilakukan saat melakukan observasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara serta turun langsung ke lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, membercheck dan triangulasi.

Hasil penelitian: aktivitas masyarakat dalam menjaga kelestarian Sungai Martapura yaitu berupa aktivitas kerja bakti dan upaya menjaga kelestarian sungai dengan membagikan tempat sampah kepada masyarakat serta adanya program pembuatan WC sebagai pengganti jamban. Aktivitas masyarakat dalam menjaga kelestarian sungai diimplementasikan dalam pembelajaran IPS kurikulum 2013 kelas VII semester 1 pada materi kondisi alam Indonesia dan interaksi sosial dengan mengaitkan dan memberikan contoh langsung tentang aktivitas masyarakat dalam menjaga kelestarian sungai, seperti kerja bakti yang di lingkungan sekitar peserta didik. Simpulan dalam penelitian ini Aktivitas yang dilakukan masyarakat dalam menjaga kelestarian yaitu dengan mengadakan program kerja bakti membersihkan sampah dan lingkungan tempat tinggal mereka. Pembagian tempat sampah kepada masyarakat agar membiasakan diri membuang sampah ke tempatnya. Serta yang terakhir program pembuatan WC sebagai pengganti jamban, sehingga permasalah tersebut dapat segera teratasi.

Kata Kunci: Aktivitas Masyarakat, Kelestarian Sungai, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI