DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH DAN KOMPONEN PENYUSUN TANAH KELAS IX SMP
PENGARANG:RABIATUL MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-14


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH DAN KOMPONEN PENYUSUN TANAH KELAS IX SMP (Oleh :  Rabiatul Maulida; Mella Mutika Sari; Maya Istyadji) 

Perkembangan teknologi informasi di era digital tentunya memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia pendidikan. Adanya proses digitalisasi membuat penyampaian materi pembelajaran menjadi lebih maksimal. Salah satu cara melibatkan digitalisasi dalam proses pembelajaran adalah dengan media pembelajaran interaktif. Pada penelitian ini telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Lembar validasi dan lembar angket respon siswa menjadi alat untuk pengumpulan data. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan persentase. Penelitian ini melibatkan 4 orang ahli dan 32 orang siswa. Hasil validasi ahli sebesar 0,82 sedangkan hasil uji coba kepraktisan sebesar 83%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Articulate Storyline materi pembentukan tanah dan komponen penyusun tanah kelas IX SMP dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP.

Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, articulate storyline, tanah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI