DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SEMESTER GANJIL PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI MAS DARUSSALAM BARAMBAI
PENGARANG:RUDINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-14


 

Analisis butir soal merupakan kegiatan penelaahan butir soal yang bersifat wajib dilakukan oleh setiap guru, dengan tujuan untuk mengetahui butir soal yang baik dan dapat digunakan maupun soal yang tidak baik nantinya akan direvisi atau dibuang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan soal mata pelajaran Geografi pada Penilaian Akhir Semester kelas XI semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 di MAS Darussalam Barambai.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan 2 metode yakni metode wawancara yaitu wawancara tidak berstruktur tidak menggunakan pedoman wawancara dan metode dokumentasi yaitu soal penilaian akhir semester, kunci jawaban, dan lembar jawaban peserta didik. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas XI di MAS Darussalam Barambai. Objek penelitian ini adalah seluruh soal Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Geografi kelas XI yang berjumlah 40 soal. Adapun sampel yang diambil sebanyak 71 peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan program AnBuso versi 8.0.

Dari hasil analisis dengan program AnBuso versi 8.0 menghasilkan: Daya beda soal; 25 butir (62%) baik, 3 butir (8%) cukup baik, dan 12 butir (30%) tidak baik. Tingkat kesukaran soal; 9 butir (22%) mudah, 24 butir (60%) sedang dan 7 butir (18%) sulit. Efektifitas Pengecoh; 35 butir (87%) baik dan 5 butir (13%) tidak baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dan kelayakan soal mata Pelajaran Geografi pada butir soal Penilaian Akhir Semester mata pelajaran Geografi kelas XI semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 di MAS Darussalam Barambai, butir soal yang berkualitas baik sebanyak 17 butir (42%), revisi alternatif jawaban sebanyak 4 butir (11%), butir soal cukup baik sebanyak 7 butir (20%) dan butir soal tidak baik sebanyak 12 butir (30%).

 


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI