DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022
PENGARANG:FAUJIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-14


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar peserta didik karena guru belum mengoptimalkan media pembelajaran yang ada. Hal ini berdampak pada motivasi peserta didik yang merasa kurang tertarik mengikuti pembelajaran dan pencapaian hasil belajar yang rendah/masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan aplikasi Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin yang berjumlah 13 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket penggunaan aplikasi Quizizz, motivasi belajar dan soal tes berupa pilihan ganda. Analisis yang digunakan yaitu uji normalitas untuk persyaratan analisis dan uji korelasi untuk pengujian hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat hubungan penggunaan aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi diperoleh nilai rhitung lebih kecil dari rtabel (-0,144 < 0,576), yang berarti H0 diterima, 2) tidak terdapat hubungan penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi diperoleh nilai rhitung lebih kecil dari rtabel (0,238 < 0,576) yang berarti H0 diterima. Implikasi dari hasil penelitian ini agar guru bisa menggunakan aplikasi lainnya sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik SMA karena aplikasi Quizizz tidak terdapat hubungan terhadap motivasi dan hasil belajar.

Kata Kunci: Penggunaan Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI