DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Infografis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Berkorespondensi dalam Surat Menyurat di SMP Negeri 15 Banjarmasin
PENGARANG:Nurhayati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-14


Pengembangkan media pembelajaran berbasis infografis menjadi sangat penting untuk dikembangkan karena dapat menjadi media yang layak dan menarik dalam memberikan pemahaman kepada siswa sehingga membantu guru dalam menunjang proses pembelajaran tatap muka terbatas dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (a) menghasilkan media pembelajaran berbasis infografis padamateri berkorespondensi dalam surat menyurat, (b) mengetahui kelayakan media pembelajaranberbasis infografis pada materi berkorespondensi dalam surat menyurat (c) mengetahui pengaruhmediapembelajaranberbasisinfografisterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIpadamateriberkorespondensi dalam surat menyurat di SMP Negeri 15 Banjarmasin pada masa pembelajarantatap muka terbatas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) denganmodelpengembanganBorg&Gall.Tahapanpengembanganmeliputi:tahappotensidanmasalah,tahappengumpulandata,tahapdesainproduk,tahapvalidasidesain,tahaprevisidesain,tahapujicoba produk, dan tahap revisi produk. Pada uji ahli dilakukan 2 ahli, yaitu ahli media dan ahlimateri untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis infografis. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa(1)mediapembelajaranberbasisinfografismemilikihasilyangsangatlayak.(2)mediapembelajaran berbasisinfografisyangdihasilkanmemilikiresponyangsangatmenarikdari siswa. (3) terdapatnya perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah menggunakan mediapembelajaranberbasisinfografisyangdikembangkan,haltersebutdilihatdariadanyapeningkatan hasilbelajar siswadari nilai post-test lebihbaik darinilai pre-testsiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI