DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pembebasan Tanah di Bantaran Sungai Kelurahan Kelayan Luar Kota Banjarmasin
PENGARANG:Chandra Lazuardi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-15


Chandra Lazuardi, 1810413210013, 2022 “Implementasi Kebijakan Pembebasan Tanah di Bantaran Sungai Kelayan Kelurahan Kelayan Luar Kota Banjarmasin”. Di bawah bimbingan Bapak Saifudin

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah terhadap pembebasan tanah di bantaran Sungai Kelayan. Metode yang digunakan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori pada penelitian ini menggunakan teori Implementasi Kebijakan berdasarkan George C. Edward III yang mempunyai empat faktor yang antara lain Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Sumber informan kunci adalah Kepala Bidang Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin. Data yang didapatkan dengan observasi, dokumentasi, dan juga wawancara yang nantinya akan dianalisis berdasarkan Miles dan Huberman.

Hasil penelitian membuktikan mengenai Implementasi Kebijakan tentang Pembebasan tanah di bantaran Sungai Kelayan berjalan sudah cukup optimal. Terlihat dari faktor komunikasi yang tersampaikan kepada para pelaksana dengan jelas. Pada faktor sumber daya dilihat dari staf atau pegawai sudah cukup optimal karena mereka sudah memahami bidangnya masing-masing. Disposisi dalam penyelenggaraan kebijakan pembebasan tanah di bantaran sungai kelayan ini sigap dalam merespon jalannya kebijakan yang ada. Pada faktor birokrasi sudah berjalan sebagaimana mestinya, akan tetapi memang kurang didalam koordinasi antar instansi organisasi sehingga membuat pelaksanaan kebijakan berjalan kurang optimal.

Saran dari peneliti ialah dengan terjadinya pembebasan tanah ini diharapkan kepada masyarakat Kota Banjarmasin agar lebih memperhatikan terkait pembangunan yang berada dibantaran sungai. Kemudian kepada pemerintah diharapkan untuk selalu melakukan pemantauan dan pelaksanaan pembebasan tanah untuk kepetingan umum terhadap bangunan yang masih berada diatas bantaran sungai agar fungsi awal dari sungai yang berperan penting di Kota Banjarmasin tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Pembebasan Tanah di Bantaran Sungai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI