DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI), GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TALKING STICK DI SDN ALALAK SELATAN 4
PENGARANG:Ananda Putri Mayangsari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-15


ABSTRAK

Mayangsari, Ananda Putri (2022) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Group Investigation (GI) Dan Talking Stick Di SDN Alalak Selatan 4. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Memecahkan Masalah, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Group Investigation (GI) dan Talking Stick.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hal tersebut disebabkan pembelajaran bersifat satu arah/ berpusat pada guru, pembelajaran belum menerapkan model yang fokus pada pengembangan berpikir kritis & logis, pembelajaran yang masih monoton & kurang menyenangkan. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Group Investigation (GI) dan Talking Stick dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Group Investigation (GI) dan Talking Stick, mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Group Investigation (GI) dan Talking Stick dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Group Investigation (GI) dan Talking Stick..

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 4 yang berjumlah 12 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan, pada semester IItahun ajaran 2021/2022. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi denganpersentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 24, pertemuan 2 memperoleh skor 25, pertemuan 3 memperoleh skor 30 dan pertemuan 4 meningkat memperoleh skor 32. Aktivitas siswa pada pertemuan  1 memperoleh persentase  25%, pertemuan  2 memperoleh  persentase 50%, pertemuan 3 memperoleh persentase 75% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 92%. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 33%, pertemuan 2 memperoleh persentase 58%, pertemuan 3 memperoleh persentase 75% dan pertemuan 4 memperoleh persentase92%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Group Investigation (GI) dan Talking Stick dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model-model pembelajaran yang dapat Meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa muatan matematika materi keliling dan luas persegi panjang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI