DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Produktivitas Dan Rendmen Pembuatan Anyaman Pandan Laut (Pandanus odorifer) Serta Kontribusi Terhadap Pendapatan Di Desa Pulau Kerayaan
PENGARANG:REZKY RAMADHAN -754
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-15


Produktivitas dan rendemen pembuatan anyaman pandan laut (Pandanus odorifer) serta kontribusi terhadap pendapatan di Desa Pulau Kerayaan. Di bimbing oleh Ir. Hj. Noor Mirad Sari, M.P. sebagai dosen pembimbing I dan Yuniari, S.Hut., M.Si sebagai dosen pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai rata-rata produktivitas, rendemen dan kontribusi pendapatan pembuatan anyaman pandan laut berupa kipas, tudung dan mangkok di Desa Pulau Kerayaan.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pulau Kerayaan, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Waktu dalam penelitian ini kurang lebih 4 bulan meliputi persiapan pelaksanaan, pengambilan data serta penulisan laporan hasil. Analisis data yang digunakan dengan cara pengambilan data produktivitas dan rendemen serta kontribusi pendapatan pada pengrajin anyaman pandan laut di Desa Pulau Kearayaan. Hasil perhitungan dari produktivitas dan rendemen serta kontribusi pendapatan ditabulasi dan disimpulkan secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata produktivitas pada anyaman kipas sebesar 0,075 buah/jam. Nilai rata-rata produktivitas anyaman tudung sebesar 0,042 buah/jam. Nilai rata-rata produktivitas anyaman mangkok sebesar 0,031 buah/jam. Nilai rata-rata rendemen anyaman kipas sebesar 76,12%, nilai rata-rata rendemen anyaman tudung sebesar 71,59% dan rendemen anyaman mangkok nilai rata-rata sebesar 57,38%. Besarnya nilai rata-rata Pendapatan bersih pertahun anyaman kipas sebesar Rp.2.886.118, nilai rata-rata pendapatan bersih pertahun anyaman tudung sebesar Rp.2.824.844 dan nilai rata-rata pendepatan bersih pertahun anyaman mangkok sebesar Rp.2.741.760. Besarnya nilai rata-rata kontribusi anyaman kipas sebesar 30.06 % tudung sebesar 29.58% dan mangkok sebesar 29.03%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI