DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA BUTTON BOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BINA DIRI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
PENGARANG:Dina Restiana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-16


ABSTRAK

Restiana, Dina. 1810127120015. 2022. Penggunaan Media Button Book dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri pada Anak Tunagrahita Ringan. Dosen Pembimbing I: Agus Pratomo Andi Widodo, M.Pd. Dosen pembing II: Dewi Ekasari Kusumastuti, M.Pd.

Kata kunci: Media Button Book, Bina Diri, Anak dengan Tunagrahita Ringan

            Penelitian ini tentang bina diri anak dengan tunagrahita ringan yang mengalami hambatan dalam berpakaian pada aspek mengancing baju. Hal ini menyebabkan anak kesulitan dalam memasukkan kancing, melepaskan kancing, dan mengancing secara urut. Berkaitan dengan hal itu maka, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bina diri anak dengan tunagrahita ringan melalui media button book.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A yang mana A pertama merupakan tahap baseline 1, B merupakan tahap intervensi, dan A kedua merupakan tahap baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak dengan tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, dokumentasi, dan pencatatan data kejadian (magnitude) yang dibantu oleh 3 pengamat. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bina diri mengancing baju kea rah yang lebih baik. Terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi dapat dilihat nilai rata-rata pada tahap baseline 1 (A1) memperoleh skor 38%, pada tahap intervensi (B) memperoleh skor 54,3% dan pada tahap baseline 2 (A2) memperoleh 77,25%. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan persentase dan skor yang didapatkan subjek dalam keterampilan bina diri mengancing baju. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa media button book efektif dalam meningkatkan keterampilan bina diri anak dengan tunagrahita ringan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI