DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX SMP/MTs PADA PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN
PENGARANG:MITA NOOR ANISAH DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-16


Dalam menyelesaikan soal matematika, jawaban peserta didik tidak selalu benar terkadang juga mengalami kesalahan. Ada tiga jenis kesalahan pada tahapan kastolan, yaitu kesalahan konseptual, prosedural dan teknikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik kelas IX pada saat menjawab soal yang diberikan khususnya materi persamaan kuadrat agar faktor penyebab kesalahan tersebut dapat diatasi guna mempermudah peserta didik memahami pelajaran yang berkaitan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan memberikan soal-soal pada subjek penelitian. Subjek penelitian adalah kelas IX B SMP Negeri 3 Batu Ampar yang berjumlah 23 siswa yang nantinya akan di pilih tiga orang secara acak berdasarkan teknik pengambilan sampel acak berstrata untuk kepentingan wawancara. Instrument penelitian ini adalah observasi, tes tertulis dan wawancara. Hasil tes tertulis dari analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan dipakai untuk mengetahui seberapa banyak kesalahan yang terjadi pada setiap butir soal, sedangkan hasil wawancara dipakai untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan. Dari hasil tes tertulis diketahui bahwa kesalahan konseptual terjadi sebanyak 11 kali,kesalahan prosedural terjadi sebanyak 37 kali dan kesalahan teknikal terjadi sebanyak 27 kali. Penyebab kesalahan konseptual yang dilakukan peserta didik yaitu: (1) siswa tidak memahami konsep yang telah dipelajari; (2) siswa tidak menulis yang diketahui dari soal; (3) siswa tidak paham penggunaan rumus yang tepat; (4) siswa lupa pada penulisan rumus. Penyebab kesalahan prosedural yaitu : (1) siswa tidak benar-benar memahami langkah pengerjaan; (2) siswa tidak selesai mengerjakan soal sehingga terdapat kesalahan prosedur; (3) siswa tidak embaca soal dengan teliti. Penyebab kesalahan teknikal yaitu : (1) siswa kurang teliti dalam menghitung jumlah operasi yang digunakan; (2) siswa kurang teliti dalam penulisan angka; (3) siswa tergesa-gesa dalam mengerjakan soal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI