DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT ALIENASI MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT ANGKATAN 2020
PENGARANG:PRINSIF DON PRAYOGA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-18


Media sosial telah menjadi platform paling di banyak gunakan satu dekade kebelakang, khususnya Instagram. Sejak dibuatnya di tahun 2010, Instagram masih berkembang hingga 1.21 triliun pengguna aktif bulanan di seluruh dunia dan di Indonesia sendiri terdapat stidaknya 88 juta pengguna, hasil dari banyak penelitian menyatakan bahwa sosial media membuat ini menjadikan Instagram subjek yang sangat menarik untuk diteliti.

            Latar belakang penelitian ini menjadi referensi dalam proses penelitian yang dilakukan. Penelitian ini di desain untuk menemukan bagaimana pengaruh intensitas penggunaan Instagram terhadap tingkat alienasi para mahasiswi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Lambung Mangkurat Angkatan 2020 yang berjumlah 380 mahasiswi.

            Metode menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel yang di gunakan adalah secara acak dengan tipe proposional stratifikasi acak, di temukan 50 responden yang tersebar di 6 program studi berbeda yaitu Sosiologi, Geografi, Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, Administrasi Bisnis dan Ilmu Pemerintahan. Penelitian menggunakan instrument yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Skala pengumpulan data adalah skala Intensitas (20 item valid, α = 0.952) dan skala Alienasi (16 item valid, α = 0.991). Teknik penganalisisan data yang digunakan adalah deskriptif, regresi sederhana dan korelasi.

            Hasil dari pengolahan data menunjukan adanya hubungan positif dan hubungan signifikan antara intensitas dengan alienasi (r = 0.946). Maka, semakin intens penggunaan Instagram maka semakin merasa teralienasi juga mereka dengan diri, sekitar dan kebiasaan di hidupnya. Kontribusi antara intensitas pada alienasi adalah 89.4% and sisanya adalah 10.6% kontribusi dari faktor lain.

Kata kunci: Intensitas, alienasi, Instagram, Mahasiswi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI