DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comusus L.) SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.)
PENGARANG:TIARA PUJI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-18


PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comusus L.) SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.) (Oleh: Tiara Puji Lestari; Pembimbing: Sauqina, Yudha Irhasyuarna; 2022; 128 halaman)

 

                                            ABSTRAK

Penggunaan pupuk anorganik secara terus-menerus dapat menurunkan kualitas tanah. Adanya pupuk organik dimanfaatkan sebagai pengganti pupuk anorganik dalam memenuhi unsur hara lebih cepat dibandingkan pupuk anorganik pada tanaman. Pupuk organik cair lebih mudah diserap oleh tanaman karena unsur-unsur didalamnya telah terurai. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui pengaruh pemberian limbah kulit nanas sebagai Pupuk Organik Cair (POC) dan mengetahuikonsentrasioptimalpupuk organik cair limbah kulit nanas terhadap pertumbuhan tanaman tomat. Desain penelitian inimenggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kaliulangan yaitu P0 (kontrol), P1 (4%), P2 (8%) dan P3 (12%). Parameter pengamatan dalam penelitian ini meliputi tinggi tanaman, jumlahdaun dan jumlah buah. Pengumpulan data dalampenelitianinidilakukandengan eksperimen, pengukuran dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik melaluiANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Duncan. DarihasilujiANOVA,pemanfaatanPOClimbahkulit nanasmenujukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada pertumbuhantanamantomatyangmendapatkanperlakuanberbeda.Perbedaanini,ditunjukkanterhadaptinggitanaman danjumlah daun yangmenunjukkan nilai p-value < 0,05. Sedangkan pada pertumbuhan jumlah buah tidak terdapat perbedaan signifikan yang menunjukkan nilai p-value > 0,05. Hasil data menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi terbaik POC limbah kulit nanas memberikan pengaruh pada tinggi tanaman, jumlah daun dan jumlah buah yaitu pada perlakuan P3 dengan konsentrasi 12% (120 ml POC + 880 ml air). Dengan demikian pemanfaatan limbah kulit nanas sebagai pupuk organik cair memberikan pengaruh yang efektif terhadap pertumbuhan tanaman tomat.

Kata Kunci : Pupuk organik cair, limbah kulit nanas, tanaman tomat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI