DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PROBING-PROMPING DAN TIME TOKEN DI KELAS VB UPTD SD NEGERI 6 PELAIHARI
PENGARANG:Endah Sufiyati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-18


Sufiyati, Endah. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan Pelajaran IPS MenggunakanKombinasiModelProblem Based lerning,Probing-PrompingdanTime Token padaDi KelasVBUPTD SD Negeri 6 Pelaihari. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung MangkuratBanjarmasin.PembimbingDr.H.A.MuhyaniRizalie,M.Si

 

KataKunci:HasilBelajar,Problem Based lerning,Probing-PrompingdanTime Token.

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VB UPTD SD Negeri 6 Pelaihari terhadap muatan IPS. Masalah dalam penelitian ini adalah Siswa kurang kurang memahami materi pembelajaran, rendahnya kemampuan berkomunikasi siswa, tingkat kepercayaan diri yang masing kurang dan kurangnya kemampuan untuk bekerjasama dalam kelompok.Upayayangdilakukanadalahdenganmenggunakan kombinasi model Problem Based lerning,Probing-PrompingdanTime Token.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat pertemuan.Setting penelitiandilakukandiUPTD SD Negeri 6 PelaiharipadasiswakelasVB denganjumlah siswa16orangtahunpelajaran2021/2022.Penelitian dilakukan padamuatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jenis data yang digunakan yaitudata kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatanpembelajaransertadatakuantitatifberupahasilbelajarsiswayangdiperolehmelalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitungberdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telahditetapkan.

HasilpenelitianmenunjukkanbahwakombinasimodelProblem Based lerning,Probing-PrompingdanTime Tokenpada pertemuan IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 97 dengankategori sangatbaik. Aktivitas siswamemperoleh skor97 dengan kategorisangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan mencapai100%.

BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmenggunakankombinasiProblem Based lerning,Probing-PrompingdanTime Token dapat meningkatkanaktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa padamuatan IPS.Disarankankepadaguruuntukmenggunakankombinasi model Problem Based lerning,Probing-PrompingdanTime Token dalam menciptakan kegiatan belajarmengajaryangdapatmeningkatkaninteraksidanketerlibatansiswapadakegiatanpembelajaran,sehingga dapatmeningkatkanhasilbelajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI