DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.) DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK CAMPURAN CANGKANG TELUR DENGAN AMPAS TEH
PENGARANG:NOVITA DWI HARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-18


PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.) DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK CAMPURAN CANGKANG TELUR DENGAN AMPAS TEH (Oleh: Novita Dwi Hariani, Pembimbing: Sauqina, Rizky Febriyani Putri; 2022;122Halaman)

 

 ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian pemanfaatan limbah cangkang telur dan ampas teh sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik. Pupuk organik tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) yang memiliki banyak manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai dosis pupuk campuran cangkang telur dengan ampas teh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.).

Penelitian ini dilaksanakan di UPT Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBTPH), Guntungmanggis, kec. Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga kali ulangan.Perlakuan pada penelitian ini yaitu P0 (tanpa pemberian pupuk organik), P1 (50 gr pupuk organik), P2 (100 gr pupuk organik), P3 (150 gr pupuk organik) dan P4 (200 gr pupuk organik). Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman, jumlah daun, dan jumlah buah tomat.Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan Uji One-way ANOVA dan Uji Duncan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik campuran bubuk cangkang telur dan ampaas teh berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat(Solanum lycopersicum L.) yaitu pada tinggi batang, jumlah daun dan jumlah buah tomat. Dosis pupuk organik campuran bubuk cangkang telur dan ampas the yang paling optimal terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) adalah perlakuan P1 (50 gr pupuk organik).

 

Kata Kunci :Pupuk organik, cangkang telur, ampas teh, tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.)

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI