DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara
PENGARANG:ARDIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-18


ABSTRAK

Ardiansyah, NIM. 2020421310036, 2022. Implementasi Kebijakan

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Dilingkungan

Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara. Tesis. Program Studi Magister Ilmu

Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung

Mangkurat dibawah bimbingan Dosen Pembimbing I Budi Suryadi dan Dosen

Pembimbing II Muhammad Riduansyah Syafari.

Didaerah mana saja yang dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap

muka terbatas dan mana saja pembelajaran yang harus dilakukan dengan

pembelajaran jarak jauh (daring), disinilah pentingnya peran Satgas Covid-19

masing-masing sekolah memberikan keyakinan dan penjelasan kepada

masyarakat dilingkungan sekolah untuk mendukung dan membantu agar

Pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilaksanakan dengan tetap menerapkan

secara ketat Protokol Kesehatan, disinilah kita melihat KESIAPAN

masyarakat/orangtua murid mendukung dilaksanakannya pembelajaran tatap

muka terbatas.

Untuk Menganalisis Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka

Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Dinas Pendidikan

Kabupaten Barito Utara dan Untuk Menganalisis faktor yang mempengaruhi

Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi

Covid 19 Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara.

Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan

kualitatif karena peneliti ingin menghasilkan kesimpulan berupa data yang

menggambarkan secara rinci tentang fenomena yang terjadi di lapangan.

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Barito Utara.

Berdasarkan analisis dari uraian dari hasil penelitian dan pembahasan

mengenai Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa

Pandemi Covid-19 Dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara

cukup berhasil dilaksanakan namun perlu penguatan dan dukungan semua pihak

dalam pengimplementasiannya. Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan pada

beberapa faktor yang diteliti yakni ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya,

komunikasi antar organisasi, karakteristik badan pelaksana, sikap pelaksana atau

implementor, kondisi sosial, ekonomi, dan politik. Proses implementasi kebijakan

yang optimal terjadi pada faktor komunikasi antar organisasi dan sikap pelaksana

atau implementor. Sedangkan, faktor sumber daya masih memerlukan perbaikan

terutama pada sumber daya manusia karena masih terdapat beberapa guru yang

masih belum bisa memaksimalkan pembelajaran tatap muka terbatas di saat

pandemi Covid-19 dikarenakan keterbatasan jam waktu mengajar dan kurangnya

inovasi/kreatifitas dalam pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran tatap muka

terbatas memerlukan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai agar

pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilaksanakan secara maksimal.

Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas,

Pandemi Covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI