DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN JASA BONGKAR MUAT PELABUHAN BANDARMASIH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:ISNA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-18


ABSTRAK

 

Isna Wati. 2021. Pelayanan Jasa Bongkar Muat  Pelabuhan Bandarmasih Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Prof. Dr. Bambang Subiakto, M.Hum dan Pembimbing II Jumriani, M.Pd.

Ketersediaan beragam sumber belajar nyatanya belum dimanfaatkan secara optimal oleh pembelajaran IPS dalam proses belajar mengajar. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka alternative yang perlu digunakan oleh guru adalah dengan memanfaatkan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar dengan mengintegrasikannya pada materi pembelajaran.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi geografis di Pelabuhan Bandarmasih, untuk mendeskripsikan pelayanan jasa bongkar muat di Pelabuhan Bandarmasih, dan untuk mendeskripsikan aktivitas di Pelabuhan Bandarmasih  dapat dijadikan sumber belajar IPS.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Tempat penelitian di Pelabuhan Bandarmasih PT. PELINDO III Banjarmasin dengan subjek penelitian adalah karyawan yang bekerja di sekitaran di Pelabuhan Bandarmasih. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah : 1. Kondisi geografis dan profil serta kegiatan utama di Pelabuhan Bandarmasih, 2. Pelayanan Jasa bongkar muat serta system alur bongkar muat di pelabuhan Bandarmasih, 3. Pengintegrasian aktivitas di pelabuhan Bandarmasih sebagai sumber belajar IPS.

Simpulan penelitian : kegiatan Pelayanan Jasa Bongkar Muat di Pelabuhan Bandarmasih dapat dijadikan sumber belajar IPS.

Kata kunci : pelabuhan Bandarmasih , Pelayanan Jasa, Sumber Belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI