DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D), PERTUMBUHAN PENJUALAN, STRUKTUR MODAL, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2020)
PENGARANG:Shelviyana Ega Safitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-19


Shelviyana Ega Safitri (2022), Pengaruh Research and Development (R&D), Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2020).

    Pandemi Covid-19 telah mengajarkan kepada kita banyak hal, termasuk bisa bertahan sekaligus tumbuh pada saat situasi yang tidak dinginkan terjadi.  Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Research and Development (R&D), pertumbuhan penjualan, struktur modal, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2020. Data penelitian diperoleh dari annual reports perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2020.Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana regresi data panel digunakan untuk analisis data longitudinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Research and Development (R&D) dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan evidence pentingnya memperkuat Research and Development (R&D) terutama pada sektor-sektor strategis seperti farmasi sehingga apabila terjadi wabah seperti Covid-19, kita bisa lebih mandiri dan memiliki daya untuk mengatasi masalah. Keterbatasan dari penelitian ini adalah tidak semua emiten sub sektor farmasi mengungkapkan biaya Research and Development (R&D) pada annual reports.

Kata kunci: Research and Development (R&D), Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, Profitabilitas, Nilai Perusahaan 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI