DIGITAL LIBRARY



JUDUL:CITRA GURU DALAM TIGA NOVEL REMAJA INDONESIA
PENGARANG:SITI HABIBATUL MASRUROH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-19


                                   ABSTRAK

 

Masruroh, Siti Habibatul. 2022. Citra Guru dalam Tiga Novel Remaja Indonesia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (1) Ahsani Taqwiem, M.Pd.; Pembimbing (2) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

 

 

Kata kunci: citra, guru, novel

 

 

 

Citraan adalah gambaran yang didapatkan oleh orang lain terhadap seseorang yang dapat membangkitkan sebuah tanggapan mengenai pribadinya. Profesi seorang guru sebagai makhluk sosial perlu memiliki citra yang dipandang baik oleh murid-muridnya dan masyarakat. Hal ini dikarenakan guru sebagai figur orang tua kedua bagi muridnya.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk menganalisis tokoh dan citra dalam novel. Pendekatan yang digunakan dalam novel ini adalah pendekatan sosiologi karya sastra. Pendekatan ini memfokuskan karya sastra dalam hubungannya dengan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Citra guru yang ditemukan merupakan hasil citra dari tokoh guru dalam tiap novel yang menjadi sumber data.

 

Sumber data berasal dari novel Guru Aini karya Andrea Hirata, novel Mandi Cahaya Rembulan karya Abdul Mutaqin, dan novel Guruku Sahabatku: Based on True Story karya Ryan Angga Pratama. Data yang dikumpulkan berupa kata, klausa, kalimat, dan paragraf yang mengandung informasi penggambaran citra guru dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi (kepustakaan). Teknik ini digunakan mengingat data-data dalam penelitian berupa kata, klausa, kalimat, dan paragraf yang merupakan data kualitatif sehingga diperlukan penjelasan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra yang ditemukan berjumlah 14 citra guru dari 46 data yang ditemukan. Citra-citra yang ditemukan yaitu (1) Menunjukkan Etos Kerja yang Tinggi, (2) Bangga Menjadi Guru dan Percaya Diri, (3) Tidak Bersikap Diskriminatif, (4) Berperilaku Jujur, Tegas, dan Manusiawi, (5) Berperilaku yang Dapat Diteladani, (6) Menguasai Karakteristik Peserta Didik, (7) Mengembangkan Keprofesionalan Secara Berkelanjutan, (8) Memahami Berbagai Strategi Berkomunikasi, (9) Berkomunikasi dengan Orang Tua Peserta Didik dan Masyarakat, (10) Menerapkan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran, (11) Memahami Berbagai Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran,  (12) Memanfaatkan Hasil Penilaian dan Evaluasi untuk Kepentingan Pembelajaran, (13) Menampilkan Diri Sebagai Pribadi yang Dewasa, Arif, dan Berwibawa, dan (14) Menampilkan Diri Sebagai Pribadi yang Mantap dan Stabil. Citra-citra yang ditemukan merupakan citra dari tokoh yang berperan menjadi guru dari tiga novel yang berbeda. Hasil penemuan citra ini bertujuan memberikan gambaran kepada calon-calon guru serta masyarakat yang belum banyak mengetahui citra-citra guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI