DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM MENGEMBANGKAN DESA TERTINGGAL MELALUI INDEKS DESA MEMBANGUN DI KABUPATEN MURUNG RAYA
PENGARANG:HELDI AGUSTIN PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-19


Heldi Agustin Pratama, 1710413610026, Peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam mengembangkan Desa tertinggal di Kabupaten Murung Raya melalui Indeks Desa Membangun (IDM). Di bawah bimbingan Pathurrahman S.Sos., M.A.,.

Tujuan peneliian ini adalah mengetahui peran Dinas- Pemberdayaan-Masyarakat-Desa dalam mengembangkan desa- tertinggal yang- ada- di-Kabupaten- Murung Raya melalui Indeks Desa Membangun (IDM).

Penelitian kualitatif dengan tipe penelitian desktriptif ini memperoleh data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan melalui  eereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini telah diketahui peran dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa langkah pertama yaitu mereka melakukan pendataan ke setiap desa untuk mengetahui skor parameter indikator mana yang membuat desa-desa di Kabupaten Murung Raya masih berstatus tertinggal,  lalu selanjutnya desa yang sudah diketahui skor parameternya kurangnya dimana akan di koordinasi dengan dinas terkait supaya bisa membantu memenuhi skor yang kurang tersebut, jadi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melakukan pembinaan dan pengawasan agar menjadikan desa tersebut menjadi desa maju atau mandiri lalu, berperan juga sebagai penetapan status desa di Kabupaten Murung Raya.

Saran untuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Murung Raya yaitu agar terus fokus kepada desa-desa yang masih berstatus tertinggal dan sangat tertinggal yang masih kesulitan meningkatkan status desanya.

Kata Kunci: Peran, Dinas-Pemberdayaan-Masyarakat-Desa, pengembangan desa-tertinggal melalui IDM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI