DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Student, Investigation, Horay Di Sekolah Dasar Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:APRILIA KARTINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-19


Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa sulit memahami konsep materi, kurang 

mampu berpikir kritis, tidak aktif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran yang 

disebabkan oleh proses pembelajaran yang abstrak dan berpusat kepada guru, penyampaian 

materi pembelajaran tidak didukung dengan media pembelajaran yang konkret, tidak 

menuntut siswa berpikir kritis, dan pembelajaran tidak diselingi dengan kegiatan 

menyenangkan. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk memaksimalkan hasil belajar dalam 

pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD dikombinasikan dengan Group 

Investigation dan Course Riview Horay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 

aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh 

kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Sangat Baik”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”. 

Aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan 2 kriteria 

“Aktif”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 secara 

klasikal mencapai persentase ketuntasan sebesar 25%, pertemuan 2 mecapai 75%, dan 

pertemuan 3 mencapai presentasi ketuntasan 83,33%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI