DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa Jaro Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong
PENGARANG:Hermeilia Sari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-21


ABSTRAK

Hermeilia Sari,181041362001, 2022: “Partisipasi Masyarakat dalam

Pembangunan Desa Jaro Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong”.

Di bawah bimbingan Gazali Rahman

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa Jaro Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong.

Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala Desa Jaro,Sekretaris Desa Jaro,Staff Desa Jaro,BPD,Ketua RT dan masyarakat Desa Jaro.

Berdasarkan dengan hasil penelitian yang dilakukan,dapat dikatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa Jaro di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong sudah berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat desa Jaro selalu ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan desa Jaro. Bentuk partisipasi Masyarakat desa Jaro lebih dominan berpartisipasi dalam bentuk pikiran,tenaga,pikiran dan tenaga,dan uang. Sedangkan paling minim yaitu dalam bentuk keahlian dan barang. Beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa Jaro di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong yaitu Faktor internal yakni kesadaran atau kemauan dari masyarakat itu sendiri dan Faktor eksternal yaitu kepemimpinan pemerintah (Kepala Desa Jaro beserta aparatnya).

Adapun saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya upaya-upaya oleh pemerintah desa Jaro untuk mengoptimalkan masyarakat desa Jaro untuk terus ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan desa Jaro dan terus mempertahankan hal tersebut serta lebih meningkatkan lagi. Disamping itu pemerintah desa harus mampu menjalankan kepemimpinan sesuai karakter masyarakatnya, dengan demikian akan terjalin adanya komunikasi dan kerjasama dalam pelaksanaan pembangunan. Diharapkan juga kepada masyarakat desa Jaro untuk lebih meningkatkan lagi partisipasinya khususnya dalam setiap pembangunan guna menunjang setiap program pemerintah desa yang sudah ditetapkan, dan diharapkan juga kepada masyarakat desa Jaro agar dapat lebih menyadari betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Kata Kunci : Partisipasi,Masyarakat,Pembangunan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI