DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDAPATAN PER KAPITA, TINGKAT KEMISKINAN DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PADA KABUPATEN TABALONG TAHUN 2010-2020
PENGARANG:RUDY DARMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-21


ABSTRAK

Rudy Darman (2022). Pengaruh Pendapatan Per Kapita, Tingkat Kemiskinan Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Pada Kabupaten Tabalong Tahun 2010-2020. Pembimbing Dr. Dewi Rahayu, SE, MP

            Pada  penelitian  ini  membahas  terkait  pengaruh  Pendapatan Perkapita, Tingkat Kemiskinan dan Tingkat Pengangguran terhadap  Indeks  Pembangunan  manusia  (IPM),  yang  nantinya  akan  dilihat  apakah  kontribusi  variabel  independen  terhadap  variabel  dependen  secara  parsial  serta  simultan  Uutuk  periode  waktu  penelitian  ini  yaitu  dari tahun 2010 sampai 2020di Kabupaten Tabalong.

            Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatifuntuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu menganalisis pengaruh antar variabel.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu dokumentasi dari laporan dan data-data yang sudah ada pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis regresi menggunakan aplikasi uji statistik EViews 9.

            Hasil dari penelitian ini adalah secara simultan Pendapatan Perkapita, Tingkat Kemiskinan dan Tingkat Pengangguran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tabalong tahun 2010-2020. Secara parsial hanya pendapatan perkapita yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tabalong tahun 2010-2020. Pendapatan perkapita merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tabalong tahun 2010-2020.

Kata Kunci:  Pendapatan Per Kapita, Tingkat Kemiskinan, Tingkat Pengangguran, Indeks Pembangunan Manusia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI