DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN KEPALA DESA PAREBOK KECAMATAN TELUK SAMPIT KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-21


Muhammad Rizky Maulana, 1710413310030, 2022: “ Strategi Kampanye Politik Pemilihan Kepala Desa Parebok Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur” . Di bawah bimbingan Ibu Andi Tenri Sompa

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kampanye yang digunakan oleh Indrayoto Saidina Ali atas terpilihnya sebagai Kepala Desa Termuda di Desa Parebok Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi serta di tunjang dengan data primer dan data sekunder yang diperoleh selama penelitian. Penelitian ini terfokus pada kampanye politik.

Hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa Indrayoto beserta tim suksesnya menggunakan strategi kampanye politik berupa kekerabatan. Kemenangan Indrayoto tidak lepas dari paman beliau yang juga berperan sebagai ketua tim sukses, pamannya memiliki banyak kerabat di desa Parebok sehingga kebanyakan pemilih Indrayoto adalah kerabatnya. Berikutnya strategi door to door atau datang ke setiap rumah warga desa Parebok. Kemudian, bapak Indrayoto juga memiliki keyakinan personal bahwa dia akan memenangkan pemilihan kepala desa. Keyakinan personal ini muncul karena doa ibu Indrayoto serta dukungan dari paman dan tokoh masyarakat di desa Parebok. Berikutnya ada strategi mewarung atau nongkrong, strategi ini merupakan strategi baru karena strategi ini menyesuaikan pada kebiasaan masyarakat di Kalimantan termasuk desa Parebok. Selain itu, ada juga strategi ketokohan dan jiwa sosial strategi ini memanfaatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh dan sangat di percayai masyarakat untuk mengambil simpati maupun dukungan warga desa. Dalam prosesnya tokoh masyarakat yang juga merangkap sebagai ketua tim sukses tersebut, melakukan lobby dan memperkenalkan tentang sosok Indrayoto.

Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada masyarakat agar dalam pemilihan kepala desa yang akan datang memilih calon kepala desa berdasarkan pada visi-misi dan juga kemampuan calon kandidat bukan berdasarkan unsur kekerabatan.

Kata Kunci : Strategi, Kampanye Politik, Pemilihan Kepala Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI