DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT READING THINKING ACTIVITY DAN SCRAMBLE DI KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:Nor Istiqamah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


Permasalahan penelitian iniadalah rendahnya aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin yang disebabkan siswa yang belum lancar dalam membaca serta belum bisa memahami isi teks bacaan. Selain itu pembelajaran juga masih berpusat pada guru dan merupakan pembelajaran satu arah. dan 60% siswa belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk menganalisis peningkatan aktivitasdan hasil belajar siswa muatan Bahasa Indonesi Tema 9Kayanya Negeriku” menggunakan model Direct Reading Thinking Activity (DRTA)dan Scramblepada siswa kelas IV SDN Sungai Miai 2.

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas IV SDN Sungai Miai 2 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswadan angket motivasi belajar. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisi dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 2 mencapai skor 16 dengan kriteria “baik” dan pada siklus II pertemuan 1 mencapai skor 24  dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh predikat sebagian besar siswa aktif hingga siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria seluruhnya aktif.  Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I dan II meningkat.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dan Scramble pada siswa kelas IV SDN Sungai Miai 2 dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunakan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI