DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN SENI ANAK DALAM GERAK DAN LAGU MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRATION METODE DRILL AND PRACTICE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK A RA LARASATI SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NAILIYA NOOR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


Nailiya Noor Azizah. 2022. Upaya Meningkatkan Seni Anak Dalam Gerak Dan Lagu Menggunakan Kombinasi Model Demonstration Metode Drill And Practice Dengan Media Audio Visual Pada Kelompok A Ra Larasati Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd

Kata kunci : Seni, Gerak dan Lagu, Model Demondtrasi, Metode Drill And Practice, Media Audio Visual

Permasalahan Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya perkembangan aspek seni yaitu dalam melakukan kegiatan gerak dan lagu. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang kurang melakukan variasi pembelajaran maupuan penerapan berbagai model pembelajaran salah satu upaya untuk meningkatkan perkembangan seni anak yaitu dengan menggunakan kombinasi model Demonstrasi metode drill and practice serta media audio visual untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi anak dan hasil perkembangan seni anak dalam  melakukan kegiatan gerak dan lagu.

Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Larasati yang berjumlah 20 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualtatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru, anak dan motivasi belajar anak Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan degan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukan bhawa akttivitas guru pada peremuan 1 mencapai kritetia cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak  pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemmuan II mencapai kriteria sangat aktif dan Pertemuan III mencapai Kriteria sangat Aktif. ketuntasan klasikal hasil perkembangn kognitif anak dalm mengenal pola pada pertemuan 1 menncapai 20%, pertemuan II mencapai 40 % dan pertemuan III mencapai 100%.

Berdasrakan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui kombinasi model Demonstrasi metode Drill and Practice serta Media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivtas anak, motivasi belajar anak dan hasil perkembangan seni anak dalam kegiatan gerak dan lagu. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan seni anak dalam kegiatan gerak dan lagu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI