DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISASI ELEKTRODA SELEKTIF ION (ESI) BORAT TIPE KAWAT TERLAPIS BERBAHAN AKTIF KURKUMIN SEBAGAI SENSOR BORAKS
PENGARANG:Ramlah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


KARAKTERISASI ELEKTRODA SELEKTIF ION (ESI) BORAT TIPE KAWAR TERLAPIS BERBAHAN AKTIF KURKUMIN SEBAGAI SENSOR BORAKS (Oleh Ramlah; Pembimbing: Dewi Umaningrum, S.Si., M.Si., Kholifatu Rosyidah, S.Si., M.Si.; 2022; 27 halaman)

 

Telah dilakukan penelitian mengenai karakterisasi elektroda selektif ion (ESI) borat tipe kawat terlapis berbahan aktif kurkumin sebagai sensor boraks. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan karakterisasi ESI borat untuk mengetahui kualitas dan kelayakan ESI borat sebagai metode analisis. Komposisi optimum membran yang akan dikarakterisasi terdiri dari Kurkumin: PVC: DOP dengan perbandingan 2: 34: 64 (%b/b) dengan ketebalan 0,5 mm dan waktu prakondisi 20 menit. Karakterisasi dari ESI borat meliputi harga Nernst, rentang konsentrasi pengukuran, limit deteksi dan waktu respon. Hasil karakterisasi ESI borat menunjukkan harga Nernst sebesar 30,86 mV/dekade dengan R2 sebesar 0,90301. Rentang konsentrasi yang diperoleh berkisar antara 1×10-1-1×10-7 M dan limit deteksi sebesar 2,88 ×10-7 M atau 0,11 ppm. Waktu respon ESI borat berkisar antara 40-80 detik dengan rata-rata 50 detik.

 

Kata Kunci: elektroda selektif ion, boraks, kualitas, kurkumin, PVC, DOP,

karakterisasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI