DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PPKM PADA SISWA KELAS IV SDN TELUK TIRAM 6 BANJARMASIN
PENGARANG:AINUL YUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


ABSTRAK

 

Yuda, Ainul. 2022.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ips Kelas V dengan Menggunakan Model PPKMSkripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Asrani, M.Pd

Kata Kunci      : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model PPKM, Picture and Picture, Probing Prompting dan Make a Match.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Teluk Tiram 6 yang disebabkan oleh siswa sulit mengingat pembelajaran, siswa kurang menyenangi pembelajaran, dan pembeljaran yang berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan untuk menganalisis peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pembelajaran IPA Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” menggunakan model PPKM (Picture and picture, probing prompting, dan make a match) pada siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 6.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data deskriptif dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Teluk Tiram 6 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Data dianalisis secara deskriptif dan cross table berdasarkan pada hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil tes belajar siswa. Pertama, data dianalisis dengan teknik deskriptif serta digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PPKM (Picture and picture, probing prompting, dan make a match) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI