DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERNAL PADA SISWA KELAS V SDN SWATO 2
PENGARANG:SONIA INDRIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan model pembelajaran kurang bervariasi dan kurang menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Internal dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeksripsikan dan menganalisa aktivitas siswa pada saat mengikuti pembelajaran dan apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya pada muatan IPA.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Swato 2 Kabupaten Tapin. Penelitian ini mengambil 12 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 54 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV dengan skor 74 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I mencapai 25% pada kriteria “SangatAktif”, meningkat pada pertemuan IV menjadi 83,3% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 50%, meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%. 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model INTERNAL dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI