DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gaya Hidup Anggota Komunitas SCK (Scooter Club Kandangan)
PENGARANG:Dewi Noor Fajarianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


Sesuai dengan perkembangan zaman dengan meningkatnya kebutuhan alat transportasi darat yang dapat menggunakannya sebagai alat untuk bepergian kemana saja. Vespa sebagai salah satu kendaraan yang berpenampilan unik banyak memikat  pengendara di kota Kandangan dengan adanya kesamaan minat terhadap vespa ini lah akhirnya terbentuk komunitas SCK (Scooter Club Kandangan).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penampilan dan aktivitas dari anggota komunitas SCK (Scooter Club Kandangan).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Telah dilaksanakan di kota kandangan, serta telah dipilih sebanyak mengambil enam informan dari anggota komunitas SCK (Scooter Club Kandangan), yang di tentukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan, perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan,dan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penampilan Anggota Komunitas SCK (Scooter Club Kandangan) yaitu (a) Pakaian, (b) Jenis vespa yang digunakan; (2) Aktivitas anggota komunitas SCK yaitu (a) Kegiatan mingguan (b) Kegiatan bulanan (c) Kegiatan tahunan.

            Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada Anggota Komunitas SCK (Scooter Club Kandangan): (1) Agar komunitas SCK (Scooter Club Kandangan) ini tidak hanya sebagai wadah para penggemar kendaraan vespa saja, tetapi juga banyak hal positif yang di tunjukkan komunitas ini seperti berbagai macam prestasi yang di dapatkan dari perlombaan maupun event. (2)Komunitas SCK (Scooter Club Kandangan)   memperkenalkan keselamatan pengendara saat membuka stand. (3) Saran saya untuk pengguna vespa ekstrem di dalam komunitas SCK (Scooter Club Kandangan) agar bisa mematuhi standar berkendara kepolisian agar lebih banyak lagi hal positif yang di hasilkan oleh komunitas ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI