DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA DOSEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN CAPAIAN INDIKATOR KELUARAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN YANG BERHASIL MENDAPAT REKOGNISI INTERNASIONAL ATAU DIMANFAATKAN OLEH MASYARAKAT (STUDI PADA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT)
PENGARANG:NIZMAH RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


ABSTRAK

Nizmah Rahmi (2020419320018) 2020, Analisis Kinerja Dosen Dalam Rangka Meningkatkan Capaian Indikator Keluaran Penelitian dan Pengabdian Yang Berhasil Mendapat Rekognisi Internasional Atau Dimanfaatkan Oleh Masyarakat(Studi Pada Universitas Lambung Mangkurat)”, dibawah Bimbingan Hj. Rahma Yuliani dan Tomi Oktavianor.

Perguruan Tinggi di Indonesia sebagai lembaga pendidikan pada masa revolusi global saat ini menghadapi berbagai tantangan besar yang perlu direspon dengan bijaksana. Globalisasi ekonomi dan revolusi teknologi informasi merupakan kekuatan besar yang mempengaruhi perguruan tinggi.  Oleh sebab itu perguruan tinggi dituntut untuk terus menunjukkan kualitas terbaik dalam melakukan berbagai hal, terutama pencapaian IKU-PTN. Salah satunya ialah Capaian Keluaran Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat yang mendapat rekognisi internasional atau dimanfaatkan oleh masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Kinerja Dosen dalam Meningkatkan Capaian Indikator Keluaran Penelitian dan Pengabdian yang berhasil mendapat rekognisi internasional atau dimanfaatkan oleh masyarakat di Universitas Lambung Mangkurat dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini meliputi Wakil Rektor Bidang Akademik, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan, Sub koordinator Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran dan Dosen. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa capaian jumlah keluaran penelitian dan pengabdian yang berhasil mendapat rekognisi internasional atau dimanfaatkan oleh masyarakat per jumlah dosen pada tahun 2021 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2020. Dalam pelaksanaanya tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat. Meningkatnya kinerja dosen secara signifikan akan meningkatkan kinerja ULM. Hal ini selaras pendapat levinne yang dikutip oleh  Zaharuddin dkk, 2021 yang mengusulkan 3 (tiga) konsep yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja birokrasi publik atau organisasi non bisnis, yaitu : Responsivitas, Responsibiltas dan Akuntabilitas.

 

Kata Kunci : Analisis Kinerja Dosen, Capaian Indikantor Kinerja Utama, Penelitian dan Pengabdian,  Rekognisi Internasional.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI