DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran IPS di SD Islam Terpadu Al-Firdaus, Kelurahan Sungai Jingah
PENGARANG:Rifa Afiva Firyal
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


Rifa Afiva Firyal. 2022. Pembelajaran IPS di SD Islam Terpadu Al Firdaus, Kelurahan Sungai Jingah. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

Komponen-komponen dalam pembelajaran harus berperan secara maksimal dalam pembelajaran agar dapat berjalan dengan seimbang dan bermutu serta bermanfaat bagi peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman keterlibatan pendidik memberikan inovasi dalam pembelajaran dengan memperhatikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDIT Al Firdaus Kel. Sungai Jingah, dengan tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPS di SDIT Al Firdaus. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS di SDIT Al Firdaus. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran SDIT Al Firdaus.

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi spesifik yang merujuk pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran IPS, wawancara dilakukan dengan guru mata wali kelas, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan.

Hasil penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran IPS yang dibuat oleh guru berpedoman pada silabus dan kurikulum SD 2013. Dalam membuat RPP, guru memuat komponen-komponen seperti tema/materi, alokasi waktu, KI, KD, indikator, model, alat dan bahan, penilaian serta mengembangkannya lagi dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 2) Pelaksanaan pembelajaran IPS dilakukan dalam tahap kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Guru sudah melaksanakan perannya sebagai pengajar, pembimbing, fasilitator, dan evaluator. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran IPS kurang efektif dalam penggunaan alokasi waktu. 3) Evaluasi pembelajaran IPS dilakukan dengan melihat hasil diskusi dan tugas. Namun masih terdapat ketidaksesuaian evaluasi yang terlaksana dengan yang sebelumnya telah terencana dalam RPP. Hal ini terjadi dikarenakan menyesuaikan situasi dan kondisi di kelas.

Kata kunci: Pembelajaran, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, IPS, SDIT Al-Firdaus

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI