DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PERILAKU KONSUMTIF KOMUNITAS ARMY SOUTH BORNEO BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | R AIHANAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-11-22 |
Raihanah, 2022. Perilaku Konsumtif Komunitas Army South Borneo
Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi,
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih, Pembimbing (II) Reski P.
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Army South Borneo.
Army South Borneo Banjarmasin merupakan komunitas
penggemar grup idola yang bernama BTS. Memiliki anggota 100 sampai
200 orang, komunitas ini memiliki anggota terbanyak di Banjarmasin.Hal
hal yang berkaitan dengan menyukai idola identik dengan membeli barang
yang berhubungan idola tersebut yang bisa jadi berlebihan kemudian hal ini
disebut dengan perilaku konsumtif. Selaras dengan ini penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui aspek konsumtif komunitas Army south borneo
Banjarmasin, serta faktor penyebab melakukan perilaku konsumtif
komunitas Army south borneo Banjarmasin.
Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif. Telah
dilaksankan dikomunitas Army south borneo Banjarmasin, serta dipilih
sebanyak tiga orang penggemar K-pop sebagai informan yang ditentukan
secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan
melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor internal perilaku
konsumtif terbagi menjadi dua yaitu menyenangkan dirinya sendiri dan
mempunyai pekerjaan. (2)faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku
konsumtif terbagi menjadi dua yaitu pengaruh teman dan karena gengsi.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembeli agar lebih
memikirkan apa yang ingin dibeli apakah perlu atau masih kebutuhan yang
masih bisa ditunda.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI