DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pemerintah Desa Dalam Mengangkat Potensi Objek Wisata Air Terjun Riam Marih Di Desa Muara Urie Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:PUSPITA NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-23


ABSTRAK

 

Puspita Ningsih 1710413620046Strategi Pemerintah Desa Dalam Mengangkat Potensi Objek Wisata Air Terjun Riam Marih  Di Desa Muara Urie Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru Pembimbing Drs. Apriansyah M.Si.

 

Pariwisata merupakan sektor yang dapat diandalkan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, pengembangannya masih belum optimal maka di butuhkan suatu perencanaan agar terciptanya pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Perencanaan pariwisata itu sendiri membutuhkan suatu konsep pengembangan untuk meningkatkan potensi pariwisata

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan air terjun Riam Marih yang dilakukan Pemerintah Desa Muara Urie Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru yang terdiri dari beberapa dimensi-dimensi, yakni penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk yang akan menghasilkan suatu strategi dari beberapa definisi strategi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen laporan, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti, tulisan serta hasil penelitian mengenai Strategi Pengembangan Obyek Wisata.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan yang dilakukan Pemerintah Desa Muara Urie adalah Strategi sebagai Rencana. Adapun beberapa strategi pengembangan yang teridentifikasi yang akan dilakukan yakni, (1) pembangunan jembatan yang akan mengarah ke lokasi air terjun di tahun 2022 (2) pembangunan jalan untuk menuju lokasi air terjun Riam Marih pada tahun 2023  (3) Melakukan pelatihan-pelatihan baik pemandu wisata, pelaku wisata, dan pengelola wisata.

 

Kata Kunci :  Strategi, Rencana, Potensi Obyek Wisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI