DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEAKSARAAN AWAL DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI INFORMATION PROCESSING MODEL DAN PROBLEM SOLVING MODEL MELALUI KEGIATAN MENYUSUN TUTUP BOTOL ABJAD PADA KELOMPOK B TK NUSA INDAH ALALAK
PENGARANG:Nur Rahmah Fadlin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-23


Rendahnya pengenalan keaksaraan awal dalam pengenalan abjad acak oleh anak usia dini melatarbelakangi penelitian ini. Penyebab keadaan ini adalah belum diinisiasinya  kegiatan pembelajaran yang fokus terhadap keaksaraan awal initial literacy).Penggunaan kombinasi model Information Processing Model dan Problem Solving Model  dengan kegiatan menyusun tutup botol menjadi solusi yang terbaik. Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan menganalisis kombinasi dari Information Processing Model dan Problem Solving Model  dengan menyusun tutup botol abjad.  Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri atas  anak kelompok B di TK Nusa Indah AlalakKabupaten Barito Kuala dengan pembelajaran yang terdiri dari 5 pertemuan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan penyajian data menggunakan tabel dan grafik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan V mencapai 100% kategori “Sangat Baik”. Hasil aktivitas anak mencapai 100% dengan kategori “Sangat Aktif” dan hasil pengenalan keaksaraan awal “Berkembang Sangat Baik”.Disimpulkan bahwa guru berhasil melaksanakan menerapkan Information Processing Model  dan Problem Solving Model melalui kegiatan menyusun tutup botol abjad. Disarankan penggunaan kombinasi Information Processing Model dan Problem Solving Model melalui kegiatan menyusun tutup botol abjad sebagai salah satu kegiatan dalam pembelajaran yang bersifat futuristic. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI