DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH BISNIS RITEL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP ULM
PENGARANG:Yuda Ari Pamungkas
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-23


PenelitianinimenghasilkanwebpembelajaransebagaimediapembelajaranmatakuliahbisnisritelpadamahasiswaPendidikanEkonomiFKIPULM,tujuanpenelitian ini untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan peningkatan minatbelajardenganmediawebpembelajaran.PenelitianinimenggunakanmetodeResearch and Development (R&D) dengan model 4D (Four D models). Model 4Dmemiliki4tahapanyaitutahappendefinisian(define),perancangan(Design),pengembangan(Development)danpenyebaran(Disseminate).Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan instrument.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif kualitatif. Penilainproduk dinilai oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan mahasiswa PendidikanEkonomiFKIPULM.

Hasil penelitian pada tahap pengembangan menghasilkan penilain dari ahli mediamendapatkanratarataskor92,98%,penilaindariahlimaterimendapatkanratarataskor91,32%,dandariresponmahasiswayangdiujikandengan6orangmendapatkanskor 87,11% . uji coba lapangan yang dilakukan 26 mahasiswamendapatkan skor pretest sebesar 48,5% dan postest sebesar 69.2%. Berdasarkanhasil rata rata pretest dan postest yang dinormalisasikan didapatkan nilai rata ratagaindengannilai0,7%yangtermasukdalamkategoritinggi.Sehinggawebpembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkanminat belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP ULM pada mata kuliah bisnisriteldalam kategori tinggi.

Kata kunci: Model 4D, web pembelajaran, mata kuliah Bisnis Ritel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI