DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENJAGA DIRI SENDIRI DARI LINGKUNGAN MELALUI MODEL EXPLORER PADA KELOMPOK B TK TUNAS HARAPAN DAMIT TANAH LAUT
PENGARANG:SUCI WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-23


Wulandari, Suci. 2022. Mengembangkan Sosial Emosional Dalam Menjaga Diri Sendiri Dari Lingkungan Melalui Model Explorer Pada Kelompok B TK Tunas Harapan Damit Tanah Laut. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Prof. Dr. Hj.Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

Kata Kunci : Bersikap Sosial Emosional, Example Non Example, Bercerita Menggunakan Media Bergambar

Permasalahan penelitian ini adalah belum berkembangnya aspek Sosial Emosional dalam menjaga diri sendiri dari lingkungan, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pengenalan aktivitas anak pada pengenalan tentang baik dan buruknya, dan pembelajaran yang kurang menarik dan kreatif selain itu juga tidak melalui tahapan yang semestinya dan media yang diberikan kurang menarik. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran example non example, bercerita menggunakan media bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B TK Tunas Harapan Damit Tanah Laut tahun pelajaran 2021/2022, jumlah anak sebanyak 6 anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan diagram dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria “cukup baik”, pertemuan II mencapai kriteria “baik”, pertemuan III mencapai kriteria “sangat baik”. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria sebagian kecil anak “kurang aktif”, pertemuan II mencapai kriteria sebagian kecil anak “cukup aktif”, pertemuan III mencapai kriteria berhasil dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar anak pada pertemuan I masih 34%, pertemuan II mencapai 50%, pertemuan III mencapai 83%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran example non example, bercerita menggunakan media bergambar pada Kelompok B TK Tunas Harapan Damit Tanah Laut dalam Bersikap social emosional terhadap menjaga diri sendiri dari lingkungan mengalami perkembangan. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas anak khususnya dalam bersikap social emosional terhadap menjaga diri sendiri dari lingkungan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI