DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), PICTURE AND PICTURE DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN BERINGIN KECAMATAN ALALAK
PENGARANG:Ainayya Fazira
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-23


Fazira, Ainayya. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKn Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Picture and Picture dan Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas V SDN Beringin Kecamatan Alalak. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Picture and Picture, Numbered Heads Together.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Beringin Barito Kuala terhadap muatan PPKn Tema Panas dan Perpindahannya. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa masih belum mampu menganalisa pemasalahan, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, kurang tertib dikarenakan aktivitas pembelajaran kurang menarik, siswa masih belum berani mengungkapkan pendapat di depan kelas secara efektif dan efisien, siswa belum mampu untuk mengembangkan keterampilan mengamati dan siswa belum mampu untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Picture and Picturedan Numbered Heads Together(NHT).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus. Setting penelitian dilakukan di SDN Beringin Barito Kuala pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 15 orang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan pada muatan PPKn Tema Panas dan Perpindahannya. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Picture and Picture dan Numbered Heads Together(NHT)pada siklus IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 97,7 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 92,22 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Picture and Picture dan Numbered Heads Together(NHT)dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Tema Panas dan Perpindahannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI