DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA, DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, GROUP INVESTIGATION , DAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MUATAN IPA MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V DI SDN BERINGIN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:rocky hadiwijaya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-23


ABSTRAK

Hadiwijaya, Rocky. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Kerjasama dan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Siklus air Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Group Investigation (GI) dan Team Games Tournament pada Siswa Kelas V SDN Beringin Kab. Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Celia Cinantya, S.Kom., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas, Kerjasama, Hasil Belajar, Problem Based Learning,Group Investigation ,Team Games Tournament.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, kerjasama dan hasil belajar siswa kelas V pada mauatan IPA. Penyebab dari permasalahan tersebut adalah pembelajaran bersifat satu arah,pembelajaran kurang bermakna bagi siswa, pembelajaran bersifat individu dan siswa kurang terbiasa dalam pembelajaran kelompok. Upaya yang dapat dilakukan ialah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigationdan Team Games Tournament. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas, kerjasama siswa dan hasil belajar siswa dalam muatan IPA Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas V.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Beringin Kab. Barito Kuala berjumlah 15 orang dengan jumlah siswa laki-laki 9 orang dan siswa perempuan 6 orang. Jenis data yang digunakan yakni data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi pada aktivitas guru, aktivitas siswa, kerjasama siswa dan tes evaluasi hasil belajar. Indikator keberhasilan aktivitas guru apabila mencapai kategori “Sangat Baik” dengan nilai ≥26 poin, aktivitas siswa secara klasikal ≥82% mencapai ≥15 poin dalam kategori “Aktif dan Sangat Aktif”, kerjasama siswa secara klasikal ≥82% dengan perolehan nilai ≥10 poin dalam kategori “Baik dan Sangat Baik”, serta ketuntasan belajar siswa secara individu mencapai KKM ≥70 dengan persentase secara klasikal sebesar ≥80% dari jumlah seluruh siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 24 dengan kategori baik meningkat pada pertemuan IV mendapat skor 31 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I dengan persentase sebesar 67% meningkat pada pertemuan IV sebesar 93% dalam kategori hampir seluruh siswa aktif. Kerjasama siswa dalam belajar secara klasikal pertemuan I mencapai persentase sebesar 67% meningkat pada pertemuan IV sebesar 93% dalam kategori hampir seluruh siswa bekerjasama. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I sebesar 40% meningkat pada pertemuan IV sebesar 97%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Group Investigation dan Team Games tournament dapat meningkatkan aktivitas, kerjasama, dan hasil belajar siswa kelas V pada muatan IPA. Disarankan penggunaan model tersebut menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan kerjasama siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI