DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MENGENALKAN SIMBOL-SIMBOL KOMBINASI MENYUSUN KATA DI KELOMPOK A TK PUTRA 3 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Dwi Rifdah Nur
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-23


ABSTRAK

 

Dwi Rifdah Nur. 2022. “Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Model Direct Instruction Dengan Mengenalkan Simbol-Simbol Kombinasi Menyusun Kata Di Kelompok A TK Putra 3 Kota Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Dr.H. Sakerani, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: menyusun kata, direct instructions, simbol-simbol

 

Permasalahan pada penelitian adalah rendahnya kemampuan dalam keterampilan motorik dalam menyusun kata. Hal ini terjadi karena pembelajaran kurang kesempatan berlatih dan ruang yang terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut menggunakan model direct instruction, dengan media balon. Berdasarkan hal tersebut dilaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil pengembangan kemampuan kegiatan menyusun kata menggunakan kombinasi model direct instruction pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Putra 3 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 di Taman Kanak-Kanak Putra 3 Banjarmasin. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah sebanyak 8 peserta didik. 

Hasil penelitian aktivitas guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan model direct instruction dan metode pembelajaran kooperatif dengan media balon di kelompok A TK  Putra 3 Kota Banjarmasin pada siklus I adalah 55,55% (cukup baik), siklus II adalah 77,77% (baik) dan siklus III adalah 87,50% (sangat baik). Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan model direct instruction dan metode pembelejaran kooperatif dengan media balon di kelompok A di TK Putra 3 Kota Banjarmasin pada siklus I adalah 62,50% (cukup aktif); siklus II adalah 75% (aktif); siklus III adalah 88,88% (sangat aktif).

Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan jika kemampuan menyusun kata menggunakan kombinasi model direct instruction mengenalkan kombinasi simbol-simbol dengan media balon, maka kemampuan menyusun kata pada kelompok A Taman Kanak-Kanak Putra 3 akan berkembang.

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI